PENERAPAN PEMASARAN DIGITAL MEMANFAATKAN E-COMMERCE UNTUK MENGHADAPI KRISIS PANDEMI COVID 19 PADA SEKTOR UMKM

Main Article Content

Nailil Muna (*) munanailil45@gmail.com
Er Melinda Swissa
Nur Jayadi

(*) Corresponding Author

Abstract

Indonesia mengalami krisi ekonomi akibat terjadi pandemi covid yang menyebabkan sulitnya daya saing  produk UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) agar mampu mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi covid-19 dengan mengembangkan umkm  menggunakan strategi pemasaran yang lebih luas melalui media digital e-commerce yaitu memakai platform online, media sosial, marketplace, google bisnis dll. Metodologi penilitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi secara langsung, wawancara. Hasil penelitian ini adalah terjadi kenaikan penjualan dan produknya dikenal oleh masyarakat luas. Pemilik UMKM  membuat konten tentang penjualan produk yang lebih kreatif di media sosial dan website.

Article Details

Section
Articles